Selasa, 27 Januari 2015

contoh text drama

Text drama
Gara-gara guru dan kelakuan iblis-iblis kecil

Adegan 1
Di tempat les ..

Ka domy : “sore ade-ade..                                                                                              
                 Selamat datang ditempat bimbel ini. Kakak sebagai pengawas disini cuma ingin kalian bisa senang menerima pelajaran disini”

Pintu pun terbuka
Saat kami aku, elha, novia dan yelly masuk.

Elha : (membuka pintu) “permisi”
Ka domy : “kalian ini baru awal masuk udah telat”
Novia : “aduh tadi macet ka, jadi harap dimaklumin”
Ka domy : “macet .. macet ..
                   Sejak kapan palangkarya macet?”
Yelly : “ya sejak kami berangkat tadi, makanya jangan kidu dong ka!”
Ka domy : “alasan kalian ini ya sudah duduk sana”

Kami berempatpun duduk dikursi barisan belakang dan mulailah pelajaran berlangsung.

Novia : “chy, ntar pulang les kita ngebakso yuks”
Cichy : “emmhh.. emangnya mau nraktir?”
Novia : “tenang chy ada bos ambulans” (sambil menunjuk kearah yelly)
Yelly : “ya elah nov, berhenti napah manggil aku bos ambulan”
Novia : “aduh yel, aku kan Cuma bercanda jangan dimasukin kehati ya”
Yelly : “ya terserah kamu lah .. asal kamu bahagia”

Adegan 2
Sorenya saat pulang les kami berempat langsung menuju ke warung bakso langganan kami.
Di tempat bakso.

Yelly : “chy .. gag apa-apa kan magrib-magrib gini kamu kami ajak makan”
Ciichy : “emmh.. sebenarnya sih gag boleh. Tapi ya kalo kepepet boleh lah sekali-kali”
Elha : “ok chy. Ntar kita bungkusin aja bakso untuk orang tua kamu”
Ciichy : “bisa-bisa”
Novia : “pintar banget kamu la,
Biasa nyogok orang tua yah?” (sambil tertawa)
Elha : “aduh diam napa nov, jangan buka aib aku dong”
Novia : “oke-oke aku khilaf”

Saat makan ..
Yelly : “eh, eh, coba liatin dua orang itu” (sambil menunjuk ke arah sepasang suami istri yang sedang makan juga diwarung itu)
Novia : “aduh yell, udah lah ngapain memperhatiin orang kaya gitu”
Ciichy : “mungkin mereka ngefans ama kita”

Kamipun tidak memperhatikan kedua orang itu. Tapi saat kami mulai tidak menghiraukan mereka suami itu berkata pada istrinya.

Suami : “mah coba liat mereka (sambil menunjuk ke arah kami berempat)
Anak gadis jalan senja-senja mana makannya rakus lagi. Gag di lajarin sopan santun mungkin ya.”
Istri : “aduh pa’ gag usah memperhatikan orang lain kamu tuh juga makannya rakus.”

Kami yang mendengarpun hanya diam membisu lalu yelly dengan gaya khasnya memanggil pelayan yang ada di warung itu.
Yelly : “mbak kami nambah baksonya 2 mangkok lagi ya yang pake pangsit sama es tehnya 2 gelas GPL ya mbak”
Elha : “yel, gila lo ya? Emang siapa yang ngabisin makanan sebanyak itu”
Yelly : “elha please deh, jangan kidu, gengsi dong kita dibilang rakus sama orang tua itu ya paling enggak kita buktiin kalo kita banyak uang bukannya rakus”
Novia : “tapi kayanya kita emang rakus deh yell kalo kaya gini caranya”
Yelly : “novia.. bisa gag kamu tuh gag buka aib kita berempat jaga ngengsi dong say”
Novia : “ia deh. Tapi sekarang masalahnya gimana kita ngehabisin makanan sebanyak ini?”
Ciichy : “dibungkisin aja buat nyogok orang tua ku” (sambil tersenyum manja)
Elha : “tumben pinter chy”
Ciichy : “makasih udah muji walaupun agak menyakitkan”
Elha : “terima kasih kembali ciichy”
Yelly : “udah-udah kalian tuh kaya orang bego aja pulang yuk udah malam nih”

Akhirnya kami pun pulang dengan perasaan yang puas.

Adegan 3
Selang berberapa hari setelah itu sebelum berangkat les kami bermain dirumah novia.
Di kamar novia.
Elha : “nov cepetan napah udah jam 3 nih ntar kita telat lagi”
Novia : “ya elah santai aja kali”
Yelly : “ia nih elha kayanya kebelet banget pengen les.
Udah gag sabar pengen ketemu sama pujaan hati ya?”
Ciichy : “ia nih ela, gag usah buru-buru kali.. pelajaran pertama juga matematika, gag seru”
Novia : (sambil berkaca di sepan cermin dan menyisir rambutntya)
            “setuju deh sama cichy, I like it chy”
Yelly : “betul banget tuh,
            Kenapa sih ka esty gag pernah absen gag masuk kelas?”
Elha : “ia juga jsih, kakaknya tuh juga maksa kita. Udah tau persamaan X sama Y itu beda masih aja pengen di sama-samain keras kepala banget kak esty tuh”
Novia : “elha kamu tuh bego atau pura-pura bego sih?”
Elha : “menurut kamu?”
Novia : “astaga.. alah bisa sters aku kalo dekat-dekat sma kamu terus. Yel elha teman kamu ya?”
Yelly : “mm.. mungkin”
Elha : “sembarangan kalian ini masa aku gag di anggap teman. Chi kamu teman aku kan?”
            (sambil memasang muka malaikat)
Ciichy : “mm.. sebetulnya gini la, kamu ngelakuin aku sebagai teman kamu. Tapi sejujurnya aku gag sudi temenan ama kamu”
Elha : “ah kalian ini”
            (sambil melampar bantal ke arah kami bertiga)

Kamipun akhirnya berangkat les dan masuk kelas saat pelajaran matematika telah berakhir.

Adegan 4
Saat istirahat diruang les ..
Ciichy : “habis ini pelajarannya apa?”
Yelly : “fisika chy”
Novia : “ceh.. gag seru pelajaran fisika”
Ciichy: “mau dibuat seru?”
Novia : “emang bisa?”
Ciichy : “bisa aja kalo mau”
Yelly : “caranya?”
Ciichy : “ntar kalo ka putra mau masuk kelas kita kunci aja pintunya jadi dia gag bisa masuk deh”
Novia : “gila kamu ci. Kamu mau diaduin ke ka domy?”
Yelly : “hush jangan panggil ka domy namanya terlalu keren gag sebanding ama mukanya panggil aja ka sidodadi”
Novia : “oh ia aku khilaf yel.
            Maksud aku ka sidodadi”
Ciichy : “santai aja nov aku kan cuma usul, lagipula ka putra tuh gag tampang jadi guru terlalu gimana gitu.”
Novia : “haha betul chy gaya banget jadi guru rasanya mau aku ajak kelahi aja dia tuh”
Yelly : “tampar nov, pukulin, sembeleh, mutilasi, buang di jumbatan”
Novia : “bisa-bisa..
            Tapi berani lah aku samanya?”
Ciichy : “ya elah nov itu namanya sama aja kamu ketahuan takutnya”
Elha : “eh aku punya tantangan buat kalian’
Ciichy : “gaya bener kamu nih punya tantangan apa memangnya?”
Elha : “kalian ada yang berani gag ngerjain kak putra?”
Novia : “ngerjain emang?? Emang tugas di suruh ngerjain segala”
Elha : “aduh kalian ini lola banget ya!
            Maksud aku kalian ada yang berani gag nantangin ka putra waktu dia ngajat ntar?”
Yelly : “emang berani bayar berapa kamu?”
Elha : “20ribu” (sambil mengeluarkan uang 20 ribuan)
Ciichy : “dikit amat”
elha : “eh biar gini bisa ngisi pulsa juga tau”
novia : “ok aku berani la”
elha : “ok kita liat ntar”

saat pelajaran dimulai..
novia : (menghadap ke belakang) “eh bisa gag sih aku nantangin matanya ka putra?”
ciichy : “bisa kok asal dosa ditanggung bersama”
yelly : “ingat 20rb aja nov”
novia : “oke, doakan aku”
yelly : “amin”

kak putrapun mulai mengajar..
elha : (menggeser kursi novia) “coba aja kalo berani”
ciichy : (sambil menulis) “kalo udah menyerah silahkan lambaikan tangan anda kearah kamera yang ada disana dan disebelah sana”
yelly : “alah ngawur kamu tuh cy” (sambil tertawa)
novia : “tunggu dulu dong, tunggu waktu yang tepat, masa langsung hajar? Kan gag mungkin. Kita harus pasang kuda-kuda dulu ntar baru deh tancap gas”
yelly : “alah gaya kamu nov, emang kamu kira kita pengen lari maraton pake pasang kuda-kuda segala”
novia : “eh tapi kan bener yell”
ciichy : “udah-udah cepat beraksi sana”

lalu saat kak putra mulai melihat kearah novia dan pandangannya tak pernah luput dari mata
novia tampaknya kak putra sudah mulai merasa gugup dan mulai merasa gede rasa dan kak
putra pun lama kelamaan mendekati kursinya novia dan meletakkan tangannya ke meja novia.

Novia : “hahhhhh????
astajiiimmm…”
elha : “apaan sih?” (berdiri melihat ke meja novia)
yelly : “gilee tuh kuku atau manusia atau kuku komodo sih?”
ciichy : “hush itu bukan kuku komodo tapi kuku manusia yang kotor!”
novia : “eeiiuuyyy kakak jorok, sebelum les tadi ngais tanah dulu ya kak?”
kak putra : “emmh mari kita lanjutkan pelajaran” (dengan tampang memerah dan balik ke depan kelas)
kami berempatpun hanya tertawa geli
saat itupun kami ribut dan tidak memperhatikan pelajaran lagi.

Yelly : “jelek banget sih kuku kak putra gag sebanding ama mukanya” (sambil berbisik ke arah kami berempat)
Elha : “itu bukan jelek, tapi kak putra tuh jorok!” (tertawa)
Novia : “haha, kalian ini bisa aja jadi tambah jijay aja aku sama kak putra deh”
Ciichy : “aduh kalian ini kasian tau kak putra”
Yelly : “ciieee,, membela kak putra nih ceritanya”
Ciichy : “astaga ya enggak lah yell”
Novia : “kalo mau jadi pahlawan udah telat chy tadi aja kamu udah ngatain kak putra jorok” (sambil tertawa)

Tiba-tiba kak putra menegur kami
Ka putra : “maaf ya ade-ade kalo kalian ribut siapa yang mau dengar saya?”
Novia : “kucing ka” (sambil bercanda dan semuanya tertawa)
Ka putra : “kalian itu syukur ya bukan murid saya asli di sekolah. Kalau murid saya seperti kalian semua bisa sudah saya marahin kalian”
Ciichy : (bersuara kecil) “siapa juga yang mau jadi murid kakak”
Ka putra : “sudah selesai ributnya kalo kaya gini terus lebih baik saya tidak usah mengajar”
Novia : “setujuuu” (sambil mengangkat tangan)
Kak putra : “baik kalau kalian memang ingin sepeti itu saya akan keluar”
Elha : “dadah.. hati-hati dijalan ya kak”

Kak putra pun keluar kelas dengan tampang emosi dan setelah itu ka ceko guru pengganti matematika masuk kelas.

Ka ceko : “ade-ade coba kalian kerjakan soal halaman 13”
 Berberapa saat kemudian..
Setelah mengumpul nilai.

Novia : “yeess aku dapat 100” (sambil berteriak)
Elha : “curang  masa aku dapat 85? Kan jawaban kita sama. Kamu chy dapat berapa?”
Ciichy : “aku 97.5”
Yelly : “cehh, aku dapat 95.”
Elha : “loh kok kaya gini kan jawaban kita semua sama, gag bener nih. Ka kok nilai aku sama mereka novia beda kan jawaban kami berempat sama”
Ka ceko : “coba kamu ngaca, muka kamu sama enggak dengan mereka berempat?”
Elha : “astaga kakak kalo kakak nyamain aku sama mereka gag bakal tinggi dong kak nilai aku”
Ka ceko : “ya kalau begitu terimalah nasib kamu dengan muka pas-pasan”
Ciichy : “sabar la ini cobaan dari tuhan”
Yelly : “biar jelek-jelek gitu kamu tetap kami anggap teman kami berempat kok la”
Elha : “ya elah.. baru kali ini aku nemuin guru kaya kak ceko yang ngenilai jawaban dari tampang orangnya aja”
Novia : “sabar la resiko orang jelek memang harus begitu”
Elha : “nov udah deh jangan membuat teman kamu yang jelek ini tambah menderita”
Novia : “okelah kalo begitu”

Kami berempat pun hanyan tertawa dengan lucu.

Adegan 5

Kak ilham masuk ke kelas dengan tampang lesu dan langsung duduk dikursinya.

Ka ilham : “aduuhh..”
Novia : “kenapa ka?”
Ka ilham : “lagi cape nih”
Ciichy : “istirahat aja kak biar gag capek jadi ntar kami enggak les.. HOOREEE!”
Ka ilham : “enak dikalian dong gini aja kakak hari ini sedang malas mengajar, kakak pengennya salah satu dari kalian bertukar posisi dengan kakak, kalian yang jadi gurunya dan kakak yang jadi muridnya. Kita tukeran tempat duduk aja biar seru. Yang mau sialhkan maju kedepan”
Elha : “ngajar pelajaran apa kak?”
Ka ilham : “bebas aja gag usah bahasa inggris soalnya kak pengen kalian tau kalo guru tyh semakin pintar karena terus belajar pada saat mengajar”
Yelly : (mengarah ke arah kami) “akau mau maju tapi kalo aku bisa ngajar, kalian harus nraktir aku makan, setuju gag?”
Ciichy : “owg jadi ceritanya berani nih?
              Maju aja kalo masalah nraktir itu gampang”
Yelly : “okeh aku berani” (sambil maju kedepan kelas)

ka ilhampun duduk dikursi yelly

ka ilham : “kamu mau ngajar apa yel? Lebih baik jangan pelajaran bahasa inggris soalnya kakak tau kalo pelajaran bahas a inggris otak kamu tuh udah karatan”
yelly : “yee kakak GR siapa juga yang mau ngajar pelajaran anrh kaya gitu”
elha : “udah deh yell cepet aja ngajar gag usah banyak bicara”
yelly : “sabar kenapah, pasti kamu udah gag sabar pengen liat aksi aku”

kami semua pun bersorak

yelly : “baik para fans-fans ku, ok kali ini saya akan mengajarkan sebuah pelajaran yang berbeda. Bukan seperti pelajaran matematika yang susah kita ingat, dan bukan pula seperti pelajaran bahasa indonesia yang ribrt, namun tidak seperti pelajaran IPA yang mencakup seluruh alam tapi sebuah terobosan baru’
yelly : “tentang sebuah pelajaran sekolah yang telah saya modifikasi dengan pelajaran kehidupan. Saya menyadari akan kemampuan saya dalam bidang matematika dan bahasa indonesia, selain itu saya juga suka membuat puisi cinta karna saya memang seorang penyanjung cinta. Jadi bidang study yang akan saya bahas kali ini adalah pelajaran ‘MATEMACINTA” yaitu sebuah pelajaran tentang persoalan cinta yang mungkin dapat diselesaikan dengan menggunakan rumus matemacinta, karna kelak suatu hari nanti, saya akan menilis tentang sebuah terobosan baru menulis rumusan matemacinta untuk menyelesaikan berbagai persoalan cintanyang ada di dalam kehidupan manusia sekarang ini. Dengan menggunakan rumus seperti perbandingan antara dua cinta dan seperti rumus ‘cintagoras’ untuk menyelesaikan soal cinta segitiga..”
novia : “yelly pintar” (sambil mengacucungkan jari jempolnya)
yelly : “terimakasih-terimakasih”
ka ilham : (maju kedepan kelas) “bagus yelly walaupun rumus yang kamu pake itu sangat ngawur tapi kakak bangga punya murid yang cerdas kaya kamu”
yelly : “ia dong kak karna aku pengen ngebuktiin dengan teman-teman yang lain kalo murid kayak kami juga punya bakat ya contohnya kaya aku tadi”
ka ilham : “ya sudah teserah kamu saja. Terima kasih yelly”
yelly : “oke kak masama” (sambil kembali ketempat duduk)
elha : “dapat ide dari mana kamu yel bisa pintar kaya gitu?” (sambil mendekati yelly)
yelly : “ya ia lah dari otak kan aku pintar”
ciichy : “gaya”
yelly : “gag papa yang penting happy”
elha : “terpaksa deh ngebayarin yelly makan”
yelly : “haha makanya jangan berani-berani nantangin aku”
ciichy : “ok deh terserah kamu”

adegan 6

saat di parkiran tempat les..
novia : (mengapalkan tangannya di pinggang) “wah hujan nih gimana pulang?”
yelly : “ya tunggu aja sampe udah gag deras lagi”
novia : “tapi udah jam 5 sore nih” (melihat jam tangannya)
elha : “kalo hujan kaya gini sih gag bakal reda-reda”
novia : “ia sih tapi aku gag mau basah”
ciichy : “kalo gag mau basah pake jas hujan aja nov”
novia : “mending aku sakit chy daripada harus pake jas hujan, gengsi dong”

ka domy pun datang..
ka domy : “alah kalian ini masa sama hujan aja takut kaya kambing aja”
elha : “kami tu bukannya takut tapi kata mamah gag boleh main hujan nanti sakit”
ka domy : “waaa ternyata kalian anak mami yah?” (terkejut)
novia : “enak aja itu sih elha bukannya kami”
ciichy : “sudah-sudah”
ka domy : “tau gag kenapa bisa hujan deras gini?”
yelly : “kenapa emangnya?”
ka domy : “ya ini karna karma kalian udah ngelawan guru”
ciichy : “kak kami tuh bukannya melawan tapi Cuma mau ngerjain aja”
ka domy : “sama aja itu makanya jangan suka ngerjain orang lain ntar kalian tuh pasti dapat karmanya”
novia : “amit-amit deh ka jangan sampai”
ka domy : “na baru sadar makanya jadi orang tuh jangan bandel”
yelly : “ia maaf kami khilaf”
ka domy : “tapi janji yah jangan ngerjain orang lain lagi”
elha : “ia kakak insya allah kalo ingat”
ka domy : “ya sudah sana pulang udah mau malam nih”
novia : “kakak tuh liat gag sih kalo sekarang lagi hujan”
ciichy : “tau kakak nih kalo punya mata di liat baik-baik dong ka”
ka domy : “tuh kan sudah mulai ngelawan orang lagi, tadi katanya sudah tobat”
ciichy : “astagafirullahalazim lupa ka”
ka domy : “ya sudah sana pulang”
elha : “ya udah yuk”
novia : (melambaikan tangan) “dadah kakak”
ka domy : “hati-hati ya”

Akhirnya kami berempatpun berhenti untuk mengusili orang lain, dari kisah ini dapat kita simpulkan agar jangan membantah omongan guru karna guru berpengaruh besar terhadap masa depan kita kelak.
Dan jangan pula kita mengusili seseorang jika kita tidak ingin di usili oleh orang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar